10 Jenis Forklift dan Penggunaannya

Inilah 10 Jenis Forklift dan Penggunaannya. Forklift merupakan salah satu kendaraan berat paling kuat yang banyak digunakan di dunia industri terutama pergudangan. Mesin yang masuk dalam kategori truck ini bisa memudahkan Anda ketik memindahkan beban berat di gudang atau bidang konstruksi, karena forklift dapat dengan aman mengangkat objek yang tidak dapat dilakukan manusia. Selain itu, karena serbagunanya, forklift banyak diperlukan di lokasi kerja mana pun.

Kini forklift hadir dalam banyak pilihan bentuk dan model, jika Anda saat ini tengah menentukan pilihan forklift jenis apa yang paling sesuai untuk kebutuhan pekerjaan di industri Anda, bacalah tulisan blog ini.

Adapun Anda yang dihadapkan pada pilihan membeli forklift baru, bekas atau menyewa saja, tulisan tentang jenis-jenis forklift ini akan memperkaya pertimbangan Anda.

Inilah panduan untuk memiliki forklift yang akan mencakup penjelasan berbagai jenis forklift, manfaat dan model forklift paling populer. Semoga artikel ini bisa membantu memilih forklift yang tepat untuk kebutuhan Anda.
Nah, jenis forklift paling populer di pasaran saat ini adalah:
  1. Warehouse Forklift
  2. Side Loader
  3. Counterbalance Forklift
  4. Telehandler
  5. Industrial Forklift
  6. Rough Terrain Forklift
  7. Pallet Jack
  8. Walkie Stacker
  9. Order Picker
  10. Reach Fork Truck

Jenis-jenis Forklift

Kami akan membahasnya satu persatu di bawah ini dari masing-masing jenis forklift, baik itu yang terbaik digunakan, dari produsen mana, dan tentang model-model forklift yang sedang populer.

1. Warehouse Forklift (Forklift Gudang)


Forklift gudang adalah jenis truk pengangkat yang paling dikenal. Forklift ini menyerupai kereta golf kuning dengan garpu kembar memanjang pada bagian depan. Foklift jenis ini paling sering digunakan dalam fasilitas dengan sejumlah besar item dalam inventaris. Forklift gudang ini bagus untuk memuat dan menurunkan palet ataupun material secara seimbang. Selain itu, fForklift gudang ini paling sesuai untuk memindahkan dan mengangkut barang-barang dari kendaraan pengiriman.

Beberapa model forklift gudang yang paling populer adalah Hyster 36-38T, Komatsu 20 BX50 Hyster, dan Toyota 3-Wheel Electric Forklift. Sebagian besar forklift-forklift industri ini dapat mengangkat beban hingga 2 ton, sebagian lagi untuk tugas berat yang hanya mampu mengangkat 1 ton saja.Ada beberapa varian atau subtipe dari forklift gudang, di antaranya adalah forklift side loader and forklift counterbalance (penyeimbang).

2. Side Loader


Forklift Side Loader adalah subtipe dari forklift gudang, forklift pemuat samping ini biasanya ditemukan di pusat servis baja dan fasilitas manufaktur dengan barang berat dan tebal. Operator forklift akan berdiri di kompartemen menyamping dan pemuat samping mengeluarkan benda di sisinya. Karena pengoperasiannya yang samping, forklift muatan samping dapat dengan mudah dikendarai di samping rak dan memuat dan membongkar tanpa harus berbelok. Ini membuatnya cocok untuk menavigasi gang-gang sempit dan menangani muatan panjang seperti kayu dan pipa. Toyota, Raymond Corporation, Yale, dan Hyundai adalah beberapa produsen sampingan bermerek terkemuka.

3. Counterbalance Forklift


Forklift Counterbalance / Penyeimbang adalah forklif yang dikenlai dari garpu di bagian depan dan berat di belakang kendaraan untuk mengimbangi berat beban. Forklift counterbalance tidak memiliki perpanjangan lengan, sehinga berkemampuan untuk pindah langsung ke beban. Ada beberapa jenis forklift penyeimbang. Forklift counterbalance dengan Varian 3 roda akan ideal untuk situasi yang mengharuskan operator berputar dan bermanuver dalam lingkaran. Forklift penyeimbang Stand-Up memungkinkan operator untuk dengan mudah naik dan turun di antara beban. Pabrikan populernya di antarnya adalah Mitsubishi, Toyota, dan Crown.

4. Telehandler


Juga dikenal sebagai forklift teleskopik atau forklift jangkauan, telehandler memiliki boom dan lengan yang dapat diperpanjang, membuat kombinasi derek dan forklift. Garpu kembar yang melekat pada lengan ini digunakan untuk memindahkan palet dari tanah. Telehandler standar mampu mengangkat 5.500 pon bahan dari ketinggian hingga 19 kaki di udara. Truk penanganan material ini bagus untuk menjangkau ruang sempit dan sudut aneh.

Karena popularitas mereka yang semakin meningkat, produsen seperti JCB, Genie, Bobcat, Haulotte, dan Caterpillar memproduksi berbagai telehandler berkualitas tinggi. Model seperti JLG 1644 mahir dalam pekerjaan berkapasitas lebih besar, sementara model lain dapat mengangkat beban hingga setinggi 55 kaki.

5. Industrial Forklift


Forklift industri — juga disebut forklift berkapasitas besar — memadukan fungsi forklift gudang dengan forklift. Meskipun tidak dapat mencapai sudut yang sulit seperti yang dilakukan oleh seorang telehandler, ia mampu mengangkat muatan jauh lebih tinggi dari tanah daripada forklift gudang dan beban yang lebih berat. Forklift industri dimulai dengan lift maksimum 30.000 lbs. Namun, Anda hanya perlu kekuatan seperti itu pada pekerjaan khusus. Utilitas forklift industri memiliki cakupan yang sempit dibandingkan dengan forklift telehandler dan gudang.

Ada 20 produsen forklift populer di pasar. Nama-nama besar termasuk NACCO Industries dan Mitsubishi, dan beberapa model populer membanggakan kapasitas mengesankan £ 36.000.

6. Rough Terrain Forklift


Juga dikenal sebagai forklift tiang lurus, forklift medan kasar dirancang khusus untuk lokasi pekerjaan di luar ruangan, terutama pada permukaan yang tidak rata. Truk ini memiliki ban pneumatik yang kokoh yang membantu mereka menavigasi tanah berbatu. Ban khusus berukuran besar dan berulir, memberi mereka keseimbangan dan stabilitas yang lebih baik untuk mengangkut material dengan aman. Jika Anda melakukan sebagian besar pekerjaan di dalam ruangan, kecil kemungkinan Anda akan membutuhkannya, tetapi forklift medan kasar adalah keharusan bagi aplikasi luar ruangan dan situs konstruksi.

Model populer termasuk JCB 950 dan CASE 588H dengan opsi penggerak empat roda. Kelebihan lain forklift medan kasar adalah mereka dapat mengangkat model besar - sebagian besar model memiliki kapasitas 6.000 lbs dan 8.000 lbs.

7. Pallet Jack

Jack palet khusus dibuat khusus. Juga dikenal sebagai truk pompa, forklift ini tidak mampu mengangkat muatan besar karena ukurannya yang kecil. Sebagai ganti daya, jack palet memiliki tapak kecil, memungkinkan mereka untuk masuk ke ruang tersempit dan mengangkat beban kecil di tempat yang sempit. Sementara Anda mengorbankan kekuatan dan kemampuan manuver, biaya perolehan dan penyewaan jack palet jauh lebih rendah.

Model palet jack yang populer termasuk Mighty Lift 20 x 36 inch Pallet Truck dan Vestil Electric Pallet Truck. Pembeli atau penyewa dapat memilih jack pallet manual atau jack pallet listrik.

8. Walkie Stacker

Penumpuk walkie aneh dalam penampilan dan khusus untuk utilitas. Tidak seperti forklift lainnya, kendaraan penanganan material ini tidak memiliki taksi. Sebaliknya, pekerja itu berjalan di belakang stacker dan mengarahkannya dengan menggunakan pegangan yang terpasang. Seperti jack palet, unit ini tidak memiliki daya, kemampuan manuver, atau kecepatan. Namun, mereka ideal untuk situasi di mana Anda memerlukan jack palet yang lebih tinggi. Stacker stacker mencapai jauh lebih tinggi dari tanah daripada rekannya.

Produsen forklift walkie stacker saat ini termasuk Hyster, Jungheinrich, dan Toyota. 6BWC20 milik Toyota ideal untuk beban 4.000 lb, sedangkan EMC 110 milik Junge cocok untuk gang-gang sempit.

9. Order Picker

Pemilih pesanan adalah subtipe dari walkie stacker, yang digunakan untuk mengambil dan mengirim bahan dari penyimpanan. Mencapai ketinggian hingga 32 kaki, alat berat ini dirancang untuk mengangkat operator hingga rak gudang dan membawa masing-masing unit. Ini untuk gudang pesanan pelanggan dan fasilitas penyimpanan karena mereka dapat memilih satu atau dua unit daripada menjatuhkan palet dan muatan penuh. Desain serbaguna mereka berarti mereka dapat menangani item dengan berbagai ukuran, dari onderdil mobil hingga furnitur.

10. Reach Fork Truck

Forklift reach adalah truk gudang yang digunakan terutama untuk pekerjaan di dalam ruangan. Kemampuan kuncinya adalah bahwa ia dapat memperluas garpu di luar kompartemen dan menjangkau ke rak gudang dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh forklift standar. Ini juga dilengkapi kompartemen terbuka yang memungkinkan operator memiliki visibilitas yang lebih besar. Meskipun sangat baik untuk penggunaan di dalam ruangan, truk jangkauan untuk tidak cocok untuk pekerjaan di luar karena izin di bawah kereta mereka. UniCarriers, Clark Materials, dan Yale memproduksi beberapa forklift jangkauan paling berkualitas tinggi.

Klasifikasi Forklift

Forklift juga diatur berdasarkan klasifikasinya. Ada tujuh kelas forklift yang digariskan oleh Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) yang menjelaskan opsi bahan bakar dan penggunaannya. Operator forklift harus mengetahui praktik keselamatan forklift yang diperlukan untuk setiap klasifikasi dan bersertifikat pada setiap kelas forklift untuk mengoperasikannya.

Secara klasifikasinya, forklift dapat dibedakan berdasarkan:

Class I – Forklift Listrik

  • Tenaga: Listrik
  • Penggunaan: Dalam ruangan dengan memperhatikan kulaitas udara

Class II – Forklift Lorong Tenaga Listrik

  • Tenaga: Baterei
  • Penggunaan: Memindahkan barang di ruang sempi

Class III – ForkliftTangan Tenaga Listrik

  • Tenaga: Baterei
  • Penggunaan: Memuatkan ke dalam truk pengiriman dengan cepat dari jarak dekat

Class IV – Forklift Bermesin Pembakaran Internal dengan Ban Cushion

  • Tenaga: Bensin atau Diesel
  • Penggunaan: pada kondisi low-clearance

Class V – Forklift Bermesin Pembakaran Internal dengan Ban Pneumatik

  • Tenaga: Bensin atau Diesel
  • Penggunaan: Indoor / outdoor dengaan permukaan kasar

Class VI –Forklift Bermesin Pembakaran Internal dan Listrik

  • Tenaga: Baterei, Bensin atau Diesel
  • Penggunaan: Mengangkut atau menarik banyak barang

Class VII – Forklift Medan Kasar

  • Tenaga: Gas or Diesel
  • Penggunaan: Situs konstruksi, tanah tidak rata, pengangkatan ketinggian tinggi
Secara umum forklift hanya ada 2 jenis, forklift bermesin pembakaran internal biasa dan forklift bertenaga motor listrik. Kedua jenis forklift ini juga dilengkapi dengan ban karet padat - atau juga ban pneumatik, yang diisi udara. Ban yang tepat akan tergantung pada jenis pekerjaan. Ban pneumatik lebih baik dalam menangani kapasitas yang lebih besar sementara ban bantalan bekerja paling baik pada permukaan yang halus.