Jenis Forklift dan Cara Memilihnya dengan Tepat

Kami masih membahas tentang pengetahuan dasar tentang forklift. Ada beberapa jenis forklift yagn ingin kami jabarkan dan sekaligus kami beberkan cara tepat memilihnya. Apa itu Forklift? Forklift ialah kendaraan atau mobil berjalan dengan 2 garpu yang dimilikinya untuk membantu mengangkat pallet. Pada umumnya, garpu forklift kompatibel terhadap pallet yang dijual di pasaran. Barang biasanya ditempatkan di atas pallet, kemudian baru diangkat atau dipindahkan.
Ada beberapa macam sumber energi untuk membuat forklift bekerja, diantaranya seperti bahan bakar gasoline, bahan bakar solar, battery, dan gas. Forklift biasanya digunakan di industry garment, pergudangan, atau pabrik.


Forklift berbahan bakar gasoline dan solar biasanya dipakai di luar ruangan. Sementara forklift yang memakai battery dan gas banyak dipakai di dalam ruangan. Ini dikarenakan forklift yang memakai battery dan gas tidak menghasilkan polusi.

Maka dari itu, biasanya forklift tersebut penting sekali digunakan di beberapa perusahaan, diantaranya seperti perusahaan minuman, makanan, industri garmen, dan industri lainnya yang mewajibkan kondisi bebas asap/polusi.

Jenis-Jenis Forklift Menurut Transmisi

Berdasarkan pengoperasiannya, ada 2 jenis forklift diantaranya automatic transmission, dan manual transmission. Sebelum memakai forklift sebaiknya gunakan pengaman terlebih dulu, seperti sepatu, helm, kacamata, dan masker untuk mengemudikan forklift sesuai standar dengan baik, aman dan benar.

Di bawah ini ialah jenis forklift dilihat dari transmisi berikut keterangannya :

1. Automatic Transmission Forklift 

Biasanya forklift automatic paling mudah dioperasikan dibanding yang manual. Perbedaannya hanya pada tuas handle-nya saja. Tuas handle automatic forklift terdiri atas 4 bagian, diantaranya maju mundur, geser kiri kanan, cungkil, dan naik turun.

Pengoperasian jenis forklift ini sangat mudah. Fungsi pedal bawah ialah sebagai kopling dan rem, yang jika dilepas berguna sebagai rem, dan jika diinjak berguna sebagai kopling. Supaya forklift bergerak, Anda hanya perlu menggerakkan handle ke ara mundur atau maju. Jenis forklift ini sebenarnya tidak memiliki gigi.

2. Manual Transmission Forklift

Jenis forklift ini mempunyai pedal yang serupa dengan mobil, diantaranya ada kopling, rem, dan pedal gas. Cara pengoperasian forklift ini memang lebih sulit daripada yang automatic. Pada forklift manual biasanya tidak memiliki tuas handle untuk maju mundur sama halnya dengan automatic forklift.

Lain halnya dengan mobil, apabila setir dibelokkan biasanya roda yang akan berbelok ialah roda belakang. Jenis forklift ini memiliki tuas handle untuk naik turun, cungkil, dan gigi.

Itulah jenis-jenis forklift berdasarkan transmisinya, untuk membeli forklift ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Kami akan berikan ulasannya dibawah ini!

Panduan Memilih Forklift Dengan Benar

Bagi para pemula yang baru memakai forklift pertama kali, ada beberapa panduan yang harus Anda ikuti berikut ini: 

1. Menentukan Tonasi atau Kapasitas Jenis Berat Beban

Hal yang harus dipertimbangkan pertama kali dalam pemilihan forklift ialah menentukan tonasi jenis besarnya beban barang tertentu yang akan diangkat, sebab ada banyak jenis forklift dan kapasitas yang tersedia. Contohnya forklift berkapasitas 10 ton, 7 ton, 5 ton, 3 ton, dan seterusnya.

Hal tersebut bertujuan agar Anda bisa memilih forklift sesuai kebutuhan. Selain itu, kenali pula dimensi benda dan tinggi beban benda yang akan diangkat. Sebab hal tersebut bisa mempengaruhi kinerja dari forklift yang Anda gunakan.

2. Collapsed Tinggi dan Angkat Tinggi Seiring Kapasitas

Anda juga harus tahu ketinggian untuk mengangkat beban benda. Tinggi angkat benda bisa menjadi hal penting jika digunakan pada pekerjaan proyek-proyek tertentu saat garpu diturunkan.

Pentingnya pengukuran tersebut memang harus dilakukan jika Anda mempunyai langit-langit pada bangunan tinggi atau pintu rendah di dalam truk. Selain itu, perhatikan pula kapasitas, berat beban, dan dimensi forklift yang sudah dijelaskan sebelumnya.

3. Area Pekerjaan dan Jenis Beban yang Diangkat

Hal yang juga harus dipertimbangkan ialah seperti apa jenis beban benda yang akan diangkat dan untuk area pekerjaan apa. Apakah dipakai untuk memindahkan karpet, gulungan besar kabel, pipa besi, tumpukan palet, atau yang lainnya. Lalu, dimanakah pekerjaan yang memerlukan forklift tersebut? Misalnya di luar Gudang ataukah di dalam Gudang?

Jenis lingkungan dan produk yang digunakan juga dapat membantu Anda memilih jenis forklift tertentu yang akan dipakai.

Itulah beberapa panduan memilih forklift untuk kebutuhan pekerjaan Anda. Dengan mempraktekkan tips di atas, Anda bisa menyesuaikan penggunaan forklift sesuai dengan kebutuhan.

Bagi Anda yang membutuhkan forklift untuk keperluan industri, PT. MSJ Group Indonesia siap membantu Anda mendapatkan forklift baru atau seken yang berkualitas. PT. MSJ Group Indonesia merupakan perusahaan supplier service forklift dan spare parts.

Kami berdomisili di daerah Kedungwaringin, Bekasi yang melayani kebutuhan forklift di daerah Tangerang, Jakarta, Purwakarta, Karawang dan Cikarang. Didukung oleh ahli teknisi yang berpengalaman dengan produk spare part mesin forklift semua brand/merk berharga kompetitif.

Selain spare part forklift, kami juga menyediakan produk-produk heating, cooling system, dan abrasive. PT. MSJ Group Indonesia hanya menawarkan produk-produk berkualitas lewat dukungan purna jual yang terbaik.