Safety K3 Forklift

Safety K3 Forklift itu sangat penting oleh karena itu maka inilah berapa hal-hal penting terkait keselamatan kerja penggunaan forklift.

Kestabilan ekonomi negara Indonesia saat ini terdampak krisis ekonomi global yang dialami oleh dunia. Tingginya permintaan buruh atau karyawan untuk kenaikan penghasilan mereka semakin banyak. Tidak sedikit pabrik-pabrik atau perusahaan-perusahaan yang memenuhinya, tapi tidak sedikit pula perusahaan yang harus memutuskan hubungan kerja pada karyawannya.
Di negara kita masih ada beberapa perusahaan yang memanfaatkan tenaga manusia secara langsung untuk memindahkan atau mengangkat barang. Dengan adanya PHK yang terpaksa harus dilakukan oleh perusahaan, pasti berdampak buruk. Karena kekurangan karyawan, beberapa pekerjaan tentu dikerjakan secara tidak optimal bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama.



Hal tersebut tentu saja bisa menekan efisiensi waktu. Misalnya, ada sebuah barang di dalam Gudang yang semestinya dipindahkan dan diangkat oleh 10 orang, namun pada kenyataannya hanya diangkat oleh 5 orang saja.

Maka dari itu, dibutuhkan sebuah alat yang dapat menggantikan sebanyak 5 orang pegawai yang memindahkan dan mengangkat barang menggunakan tenaga manusia secara langsung menjadi satu pekerja sebagai operator peralatan tersebut. Salah satunya ialah dengan penggunaan forklift.

Apa Itu Forklift?

Forklift ialah alat yang dirancang untuk memindahkan dan mengangkat barang terutama barang yang berbobot berat secara efisien dan efektif. Dengan peranan forklift ini, pekerjaan bisa cepat selesai tanpa perlu melibatkan banyak karyawan.
Ini sebagai bentuk real dari pekerjaan yang dilakukan secara efisien dan efektif, dengan cara mendayagunakan kualitas teknologi dan SDM. Namun di samping itu, lewat perkembangan teknologi, kita terkadang susah menentukan forklift berkualitas baik tapi harganya terjangkau.
Tentu saja Anda harus memilih supplier forklift dan spare part-nya yang berkualitas dengan memilih PT. MSJ Group Indonesia.

Keselamatan Kerja Memakai Forklift

Keselamatan saat memakai forklift tentu menjadi perhatian utama. Tingkat kecelakaan akibat kecerobohan dari operator forklift sendiri memberikan kerugian bagi banyak pihak. Hal tersebut harus dikurangi dan tentu saja dijadikan pengalaman supaya kejadian tersebut tidak terjadi di kemudian hari.
Keselamatan kerja tentu menjadi harga yang mahal dan perlu dipertahankan demi menunjang kehidupan karyawan lebih baik, selain itu juga bagi perusahaan pemilik alat angkut barang ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari keselamatan kerja menggunakan forklift ini diantaranya :

1. Operator

Seorang operator yang menjalankan forklift harus memiliki Surat Ijin Operator atau SIO. Walaupun seorang operator mesin yang sudah benar-benar mahir, tetap saja jika tidak memiliki SIO sudah melanggar ketentuan. Hal ini dikarenakan, operator dengan surat ijin tersebut sangat mengerti tentang dasar-dasar dari keselamatan kerja penggunaan forklift.

2. Pemahaman Kapasitas Angkut

Setiap jenis forklift tentu memiliki kapasitas angkut berbeda, hal ini harus benar-benar dipahami oleh operator. Apabila operator forklift ini tidak mengetahui hal tersebut, tentu bisa mengancam keselamatan dirinya mengingat kapasitas muatnya lebih besar dari kapasitas forklift itu sendiri. Akibatnya forklift yang berjalan tidak akan stabil dan beresiko menyebabkan terguling, atau bahkan menabrak benda hingga orang di sekitarnya.

Pemindahan barang-barang berbahaya juga harus benar-benar diperhatikan saat pengangkutan drum yang memuat bahan beracun dan berbahaya yang pemindahannya memerlukan kemahiran dan keterampilan. Sementara dari segi paketnya juga sama, peletakan barang maupun hasil produk harus tersimpan dengan rapi dan benar. Supaya operator dapat menjalankan alat angkut ini dengan baik.

3. Pengecekan Berkala

Pemakaian forklift dengan baik, tentu harus selalu melakukan pengecekan forklift secara berkala. Selain itu, persiapan peralatan adalah hal penting yang harus dilaksanakan setiap operator. Penggunaan yang teliti dan rapi menjadi faktor keselamatan nyata untuk operator forklift itu sendiri.
Inspeksi rutin pada unit forklift yang dilakukan operator dapat menunjang performa alat angut ini supaya unit forklift dapat bekerja secara maksimal.

Bagaimana Dengan Operator Kerja Forklift?

Operator forklift biasanya bekerja sesuai jam kerja dan target, memerlukan energi saat menjalankan forklift. Adapun energi yang diperlukan untuk mengendarai forklift bisa dibilang sangat tinggi, memerlukan konsentrasi tinggi supaya tidak berdampak pada kecelakaan kerja.

Operator forklift dikhawatirkan mengalami kecapean atau keletihan, hingga mengancam keselamatan dirinya, orang di sekitar dan barang yang telah dimuatnya. Adapun langkah yang wajib dilakukan operator ialah selalu menjaga kesehatan dan kebugaran untuk memaksimalkan kinerja dari operator forklift itu sendiri.

Keselamatan jiwa saat memakai forklift juga perlu ditunjang dengan memilih forklift yang berkualitas, memadai serta bisa dijalankan dengan baik. Forklift yang bekerja dengan baik dan handal dapat menjadi andalan sang operator sekaligus perusahaan pemilik forklift demi keselamatan sekaligus meminimalisir terjadinya ancaman kecelakaan.

Itulah pemahaman mengenai hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan kerja pengoperasian forklift. Lakukan forklift secara berkala dengan mengecek bagian-bagian atau spare part pada forklift apakah bekerja dengan baik ataukah tidak. Jika ada saja satu bagian yang rusak, Anda harus menggantinya dengan cepat.

Pastikan membeli spare part forklift berkualitas dengan membelinya di supplier spare part forklift terpercaya di PT MSJ Group Indonesia!