5 Tips Merental Forklift, Secara Aman dan Tepat

Jika dilihat secara umum forklift sendiri adalah salah satu jenis kendaraan yang umumnya digunakan dalam industri atau aktivitas pergudangan. Dimana fungsi utamanya adalah untuk mengangkat dan mengangkut barang berat, yang tidak dapat diangkat oleh tenaga manusia.
 

 Dengan adanya alat ini, maka aktivitas pemindahan barang dari 1 tempat ke tempat lainnya jadi lebih mudah dan cepat. Namun membeli forklift sendiri bukan perkara mudah, terutama bagi Anda yang menggunakan peralatan tersebut sesekali, dan juga bukan termasuk perusahaan besar.


Untuk mengatasi hal seperti ini, sebaiknya Anda menggunakan jasa sewa forklift. Sama seperti penyewaan alat-alat berat lainnya, ada beberapa hal atau ada beberapa tips merental forklift, yang perlu diperhatikan.

1. Menyewa dari dealer terkenal

Tips merental forklift yang pertama adalah dengan bekerja sama atau menyewa forklift di dealer terkenal. Bekerja sama dengan penyedia jasa seperti ini, tentunya akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Umumnya penyedia jasa seperti ini mempunyai beragam jenis forklift, dalam hal ini, Anda dapat memilih salah satu yang dinilai tepat, dan pastinya sesuai kebutuhan.

Namun apabila Anda tidak mengetahui, atau ragu-ragu dalam memilih jenis forklift yang tepat, dan sesuai kebutuhan, tidak ada salahnya jika mengonsultasikan hal tersebut dengan pihak customer service dari dealer itu sendiri. Pastinya dengan senang hati, pihak dealer akan memberikan informasi dan menyarankan jenis forklift yang tepat bagi Anda.

Tidak hanya sampai disana, ketika Anda bekerja sama dengan dealer terkemuka atau dealer resmi penyewaan forklift seperti ini, pastinya akan ada layanan antar atau pengambilan forklift. Artinya, Anda tidak perlu ambil pusing bagaimana cara mengambil serta mengembalikan alat berat tersebut.

2. Memiliki layanan yang baik

Dalam hal sewa menyewa Forklift seperti ini, sebaiknya pilih dealer yang memang memiliki layanan yang baik, ramah dan lengkap. Tentunya pilih dealer yang berpengalaman, dalam hal sewa menyewa forklift, mempunyai jenis forklift yang beragam, mempunyai teknisi yang handal dalam merawat dan memperbaiki forklift, menyediakan sparepart forklift (sehingga ketika terjadi kerusakan, maka pihak dealer mampu mengatasi dan memperbaiki alat secara cepat, tepat dan pastinya efisien), cepat tanggap dalam menerima informasi penyewaan produk.

Akan lebih baik, jika pihak dealer ini memiliki lebih dari 1 produk forklift yang sama. Sehingga ketika terjadi kerusakan, selain dapat diperbaiki secara cepat, juga dapat diganti secara cepat. Terutama bagi Anda yang memang membutuhkan forklift dalam waktu singkat. Adanya layanan asuransi pada forklift yang hendak disewa juga merupakan jaminan bahwa alat tersebut memang dirawat dan dijaga dengan baik. Ini juga yang nantinya membuat Anda semakin nyaman ketika menggunakan alat tersebut.

3. Lama sewa dan budget

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah berapa lama alat tersebut akan digunakan, dan berapa budget yang harus dikeluarkan.

Umumnya pihak dealer akan memberikan layanan sewa yang beragam, mulai dari sistem harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memperhatikan, berapa lama kira-kira forklift tersebut akan disewa. Perhatikan berdasarkan banyaknya barang yang akan dipindahkan, serta beberapa hal lainnya. Diskusikan hal ini dengan pihak pergudangan. Agar menemukan estimasi lama penyewaan yang tepat.

Setelah memperkirakan lama sewa alat secara tepat, berikutnya diskusikan hal ini dengan pihak dealer, cari tahu, berapa harga sewa alat secara harian, mingguan atau bahkan bulanan tersebut. Hal ini dilakukan, guna mempersiapkan budget sewa secara tepat. Umumnya, jika Anda menyewa alat tersebut dalam jangka panjang, akan ada harga khusus yang ditawarkan. Jika memang Anda akan menyewanya dalam jangka panjang tidak ada salahnya jika menanyakan hal tersebut dengan pihak dealer.

Cari tahu juga bagaimana sistem pembayarannya, apakah langsung cash di awal, atau DP terlebih dahulu. Terakhir cek juga sistem pembayaran yang dilakukan, misalnya dengan transfer antar rekening, atau yang lainnya.

4. Aplikasi pada forklift

Seperti yang selintas disebutkan di atas, dalam hal ini, Anda perlu berdiskusi dengan pihak dealer dalam memperoleh produk forklift yang tepat. Tidak ada salahnya jika Anda menjelaskan tentang perusahaan atau juga lingkungan kerja yang ada. sebagai gambaran pada pihak dealer dalam memutuskan jenis forklift yang tepat. Misalnya saja, Anda banyak bekerja di luar, maka pihak dealer akan mempersiapkan forklift dengan ban outdoor yang kokoh. Demikian pula, jika bekerja di lingkungan yang dingin atau panas, pastinya akan ada penyesuaian tertentu pada alat berat itu sendiri. Ini yang akan memudahkan serta memberi kenyamanan tersendiri bagi operator forklift tersebut ketika bekerja.

5. Cek kondisi alat

Hal lainnya yang juga tidak kalah penting adalah, cek alat yang akan disewa. Anda dapat melihat mulai dari bagian body, mesin, dan hal lainnya. Apabila ada kerusakan, sebaiknya informasikan hal tersebut dengan pihak dealer. Agar pihak dealer dapat segera memperbaiki atau menggantinya dengan alat sejenis.

Tentunya dengan adanya informasi atau tips merental forklift seperti ini, Anda tidak akan kesulitan lagi dalam memilih dan menyewa alat berat tersebut.

Baca juga: