Cara Perawatan Forklift dengan Benar

Kami jual beli forklift dan servis serta maintenance di Bekasi aka berbagi dengan Anda beberapa cara perawatan Forklift dengan benar.

Forklift bisa dikatakan sebagai alat bantu kendaraan, biasanya sering dipakai untuk berbagai kebutuhan, terutama bagi mereka yang berkecimpung di dunia logistik. Fungsi utama forklift ialah sebagai alat pengakut barang dan alat transportasi untuk barang-barang berkapasitas berat.
Untuk menjaga keawetan forklift diperlukan perawatan khusus, mulai dari pergantian spare part-nya dengan mengganti komponen yang rusak sebagai sebuah keharusan. Hal ini dilakukan untuk memperpanjang masa pemakaian forklift sekaligus supaya tidak berimbas ke bagian lainnya.


Proses perawatan forklift sendiri tidak hanya lewat pergantian bagian yang rusak saja, tetapi juga termasuk ke dalam cara penggunaannya itu sendiri. Agar lebih mengenal penggunaan forklift, Kami ulas bagian-bagian forklift yang wajib Anda ketahui terlebih dulu di bawah ini!

Bagian-Bagian Forklift

1. Fork

Fork adalah bagian utama pada forklift yang berguna sebagai penopang saat mengangkat dan membawa barang. Bentuk fork sendiri berupa 2 buah besi lurus yang memiliki rata-rata panjang sekitar 2,5 meter.

Adapun posisi penempatan barang dilakukan di atas pallet yang memasuki bagian dalam fork, hal ini juga sebagai penentu besarnya beban maksimal benda yang bisa diangkat oleh forklift.

2. Carriage

Carriage adalah bagian spare part forklift dengan kegunaan sebagai penghubung fork dan mast. Di sinilah tempat fork melekat. Fungsi dari spare part ini ialah sebagai pengaman dan sandaran barang-barang bagian dalam palet untuk pengangkutan atau transportasi.

3. Overhead Guard

Spare part forklift ini berguna sebagai pelindung forklift driver. Adapun fungsi perlindungan tersebut terkait dengan keperluan safety user terhadap kemungkinan barang terjatuh saat diturunkan atau diangkat, sekaligus sebagai pelindung terhadap hujan dan panas.

4. Mast

Mast merupakan bagian utama yang berkaitan langsung dengan kinerja sebuah fork yang terdapat pada forklift. Spare part yang satu ini berbentuk 2 buah besi tebal terhubung dengan hydrolic system pada sebuah forklift. Fungsi dari Mast ini ialah untuk tilting dan lifting.

5. Counterweight

Adalah bagian forklift yang memiliki kegunaan untuk menyeimbangkan beban barang yang diangkat menggunakan forklift. Terletak di bagian belakang yang arahnya berlawanan fork. Dengan demikian, keseimbangan dan kestabilan forklift itu sendiri tetap terjaga.

Di samping bagian-bagian tersebut di atas, masih ada banyak komponen terpenting dari forklift. Perhatikan pula untuk mengetahui komponen forklift tersebut sebelum Anda mengoperasikannya, sebab meskipun sekilas cara menjalankannya hampir sama seperti mobil.

Namun dalam mengoperasikan forklift itu sendiri akan berbeda, misalnya roda kemudi terletak di bagian belakang, dan cara menggunakannya pun memerlukan keahlian khusus. Sedikit kesalahan saja saat menjalankannya, bisa berakibat sangat fatal, seperti barang terjatuh saat diangkat, terbentur, atau lebih parahnya lagi jika terjadi salah perhitungan maka forklift bisa saja terbalik.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui kapasitas forklift dan berat barang yang akan diangkat. Ketahui semua fungsi spare part atau komponen forklift.

Cara Merawat Forklift

Forklift merupakan alat yang ideal untuk mengangkut dan memindahkan benda berat pada aktivitas operasional industri. Sama halnya dengan mesin-mesin pada umumnya, bagian mekanik forklift pun cenderung mengalami aus jika digunakan secara terus menerus.

Supaya forklift lebih tahan lama, diperlukan perawatan secara berkala, forklift yang dirawat dengan baik bisa berperan penting untuk menjaga kualitasnya. Berikut cara perawatan alat angkut barang ini, diantaranya :

1. Olesi minyak pada bagian yang bergerak aktif

Forklift mempunyai bagian yang terus bergerak aktif seperti halnya pedal digunakan untuk mengayuh garpu pada bagian depan. Pastikan bagian sendi tersebut tidak bergerak dalam kondisi kering, sebab gesekan selama penggunaannya dapat berdampak buruk terhadap kinerja forklift.

2. Cek bahan bakar secara teratur

Pastikan untuk melakukan pengecekan bahan bakar secara teratur agar forklift bisa bekerja secara maksimal. Selain itu, Anda juga harus mengecek minyak atau cairan lain yang ikut membantu kerja mesin pada forklift dengan teratur.

Usahakan cairan tersebut diperiksa secara rutin tanpa kehabisan selama penggunaan. Adapun cairan tersebut, diantaranya berupa oli, cairan transmisi, pendingin, dan hidrolik.

3. Cek Kinerja Gauges Forklift

Gauges forklift terletak pada panel instrumen yang gunanya untuk mengindikasikan saat ada beberapa komponen yang tidak berfungsi atau rusak. Maka dari itu, Anda harus memastikan instrument tersebut bekerja dengan maksimal supaya kerusakan di bagian lain bisa diketahui dengan baik dan benar.

4. Pastikan Forklift Sudah di-Charge Sampai Penuh

Pada jenis forklift yang memakai tenaga gas, listrik, dan baterai, pastikan electric forklift di charge atau diisi sampai penuh sebelum digunakan.

5. Pastikan Ban Pada Forklift Dalam Kondisi Baik

Ban adalah faktor penting yang berpengaruh terhadap kinerja forklift, karenanya harus dipastikan bahwa tekanan udara pada ban forklift harus seimbang. Tidak hanya supaya beban barang yang dibawa lebih stabil saja, tetapi juga supaya power-nya lebih stabil.

Untuk perawatan forklift lebih detail bisa ditanyakan ke supplier forklift Indonesia yang menangani hal tersebut secara profesional. Berkaitan dengan perawatan, jika ternyata ada bagian-bagian forklift yang rusak Anda bisa memesan spare part forklift di PT MSJ Group Indonesia, sebagai supplier spare part alat angkut barang terbaik!