Tips Membeli Forklift Bekas atau Baru Berdasarkan Kondisi Fisik

Bagaimana tips membeli forklift bekas atau baru berdasarkan kondisi fisik? Yuk simak tulisan satu ini dari kami, MSJ Group Indonesia yang menjual Forklift Baru maupun Rekondisi.

Baca juga: 10 Jenis Pengunaan Forklift


Bagi Anda yang sering berkecimpung di dunia pabrik pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan adanya Forklift yang digunakan untuk mengangkut barang ini ? ya, kendaraan yang memiliki moncong 2 papan ini sangat berguna untuk mengangkut barang dan membuat pekerjaan distribusi pabrik lebih cepat dan lebih efisien. Forklift sangat berguna untuk memangkas kebutuhan tenaga manusia yang masih dilakukan secara konvensional.



Tidak jarang banyak sekali perusahaan yang memiliki mesin ini dalam jumlah yang banyak menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Semakin besar perusahaan pastinya juga semakin banyak pula Forklift yang mereka miliki. Kendaraan ini memang sangat menghemat pengeluaran untuk pembayaran para karyawannya.

Namun untuk membeli Forklift Anda juga harus teliti mengenai semua kondisi fisiknya. Sebaiknya Anda harus teliti dulu dalam memilih Forklift. Anda bisa membeli Forklift yang bekas maupun yang baru dengan spesifikasi yang sebaiknya masih bagus dan masih bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Anda bisa menyimak tips untuk membeli Forklift bekas maupun baru di sini. Anda bisa mendapatkan tips tersebut sesuai dengan kondisi fisiknya. Dengan penilaian kondisi fisik Forklift, Anda bisa mendapatkannya dengan spesifikasi yang masih bagus walaupun dalam keadaan yang sudah bekas.

Cek Kelengkapan Body Forklift

Yang pertama kali Anda perhatikan adalah kelengkapan dari body Forklift. Bagaimana bisa berjalan jika body nya saja tidak lengkap bukan ? kelengkapan ini harus Anda perhatikan baik membeli baru atau membeli bekas. Anda harus teliti. Apakah kelengkapan tersebut ?

1. Fork

Fork atau dalam bahasa Indonesianya garpu adalah 2 papan yang berada di depan kendaraan yang fungsinya untuk menahan beban barang. Nah ini merupakan hal yang paling penting. Jika tidak ada fork maka tidak akan berfungsi bukan ? cek apakah berfungsi dengan baik. Apakah ada suatu kerusakan yang bisa terjadi dalam jangka waktu dekat ini ?

2. Mast

Karena namanya Forklift maka ada fork pasti ada lift. Lift ini berarti pengangkat. Dalam bagian mast ini ada pengangkatan atau lifting. Mast sangat berkaitan dengan sistem hidrolik pada badan tubuh kendaraan ini. Mast berupa 2 besi besar yang berada di depan kendaraan di belakang fork. Cek apakah sistem hidrolik Mast ini dapat bekerja dengan baik.

3. Caririage

Carriage berada di antara fork dan lifting. Tempat ini berfungsi sebagai sandaran dari barang yang akan diangkat dan dipindahkan.

4. Overhead Guard

Overhead Guard ini adalah suatu penutup atau atap yang ada di Forklift. Dari namanya saja pasti kita sudah tahu fungsinya bukan ? yaitu berfungsi sebagai pelindung kepala. Hal ini sangat penting mengingat banyaknya barang-barang yang tak terduga jatuh dari atas. Selain itu juga sebagai pelindung driver dari hujan maupun panas saat bekerja secara outdoor

5. Counterweight

Counterweight ini berada di belakang kendaraan. Fungsinya yaitu sebagai penyeimbang dari beratnya barang yang diangkut oleh bagian depan.

Ban

Ban ini sangat perlu diperhatikan kualitasnya. Jika ban kendaraan tidak baik maka akan cepat rusak dan pada akhirnya akan menghambat pekerjaan. Pilih Forklift dengan kondisi ban yang prima sehingga bisa digunakan dalam jangka yang panjang.

Kursi Driver

Kursi ini juga perlu diperhatikan. Penggunaan Forklift yang lama juga akan mempengaruhi kenyamanan driver. Tempat duduk harus diperhatikan secara betul apakah masih terlihat bagus atau tidak. Karena jika driver tidak nyaman pastinya juga akan mempengaruhi kualitas dalam pekerjaan.

Cat atau tampilan luar

Mungkin hal ini sepele, namun sebenarnya warna cat dari Forklift juga menentukan apakah kendaraan ini masih layak untuk dipakai. Cat yang masih bagus pastinya menunjukkan jika Forklift tersebut dirawat dengan baik sebelum dijual. Jadi jika tampilan luarnya bagus apalagi semua komponen yang ada di dalam.

Komponen Dalam

Jika bagian luar sudah Anda cek dengan baik maka saatnya Anda untuk mengecek bagian komponen dalam. Cek mesin dan juga berbagai alat-alat listrik yang tersedia. Pastikan semuanya berfungsi dengan maksimal. Sebelum Anda membeli sebaiknya Anda test drive terlebih dahulu. Pastikan garansi juga saat Anda membeli Forklift baru.

Terkadang apa yang kita persiapkan ini tidak berjalan mulus, mungkin saja kita sudah melakukan pengecekan secara teliti namun apa daya yang dinamakan barang ciptaan manusia terkadang mudah rusak. Atau jika Anda membeli bekas terkadang memang ada sparepart nya yang sudah tua dan harus diganti.

Bagi Anda yang membutuhkan spare part Forklift yang berkualitas, lengkap dan dengan harga yang terjangkau, Anda bisa memilih PT MSJ Group Indonesia sebagai partner Anda dalam hal Forklift. Perusahaan ini menyediakan berbagai kebutuhan sparepart Anda dengan kualitas baik yang tidak bisa diganggu gugat lagi.