6 Syarat Supplier Forklift Parts

Sedang Memilih Supplier Spare Parts Forklift? Perhatikan 6 Hal Penting Ini!

Hingga saat ini, Anda barangkali beranggapan bahwa memilih forklift hanya berkaitan dengan melakukan riset supplier, membuat pesanan, dan menerima barang. Padahal, setelah forklift diterima dan dioperasikan sekalipun, Anda masih memiliki urusan dengan pihak supplier, terutama supplier spare part. Sebab, jika Anda ingin forklift Anda bisa dioperasikan secara optimal dan efisien di masa depan, Anda jelas butuh spare part yang tepat, kan?

Meski demikian, apa yang membuat supplier spare part forklift dianggap berkualitas dan andal? Untuk membantu Anda membuat keputusan dalam memilih supplier spareparts forklift yang tepat, ada 6 hal penting berikut ini yang perlu Anda perhatikan dan ikuti. Simak penjelasannya di sini!


Pilih Supplier yang Hanya Menyediakan Spare Part Asli

Anda bisa jadi merasa tergoda untuk memilih spare part yang tidak asli karena harga yang lebih murah. Tapi, jika Anda ingin operasional bisnis Anda berjalan mulus dan efisien seterusnya, ingat bahwa memilih supplier spareparts forklift yang menjual produk palsu atau abal-abal adalah keputusan yang salah besar, terlepas dari harganya yang lebih murah.

Apabila Anda ingin forklift Anda selalu bisa beroperasi dengan mulus seperti ketika kondisinya masih baru, Anda jelas butuh spare part yang asli. Terlebih lagi, perusahaan produsen sparepart selalu melakukan pengujian menyeluruh untuk seluruh produk yang mereka buat.

Di samping itu, penggunaan spare part asli bukan hanya berkaitan dengan operasional bisnis Anda, tapi juga keamanan operator dan karyawan lain yang berada di sekitar forklift. Jadi, untuk menjamin kelancaran bisnis serta keamanan lingkungan kerja, memilih supplier spareparts forklift yang hanya menjual produk asli jelas adalah sebuah keharusan.

Waktu Pengiriman yang Cepat

Terjadi keterlambatan pengiriman spare part penting yang harus diganti dengan segera agar forklift Anda bisa kembali beroperasi seperti biasanya? Keterlambatan atau penundaan tersebut berarti forklift yang tidak bisa digunakan, yang pastinya akan memberikan pengaruh signifikan pada operasional bisnis Anda. Karenanya, pilihlah supplier spare part forklift yang mampu memberikan jaminan waktu pengiriman spare part yang cepat, bahkan dalam waktu 24 jam, serta mampu membuktikannya.

Spare Part yang Selalu Tersedia

Salah satu kriteria penting supplier spare part untuk forklift yang andal adalah stok produk yang selalu ada. Serupa dengan faktor penting yang dijelaskan sebelumnya, hal ini juga sangat berkaitan dengan waktu tunggu yang harus Anda habiskan sejak pesanan Anda masuk hingga sparepart tiba di tangan.

Dengan mempertimbangkan pentingnya peran forklift dalam menunjang operasional sehari-hari bisnis, yang pasti mempengaruhi omzet dan keuntungan, Anda pasti tidak ingin mendengar bahwa Anda harus menunggu beberapa hari atau bahkan sampai berminggu-minggu untuk mendapatkan spare part yang dibutuhkan, kan? Karenanya, pilihlah supplier yang selalu bisa menjamin ketersediaan spare part forklift apapun yang Anda butuhkan untuk menghindari penundaan.

Memahami Apa Kebutuhan Anda

Salah satu ciri-ciri supplier yang andal adalah supplier yang tahu secara pasti apa kebutuhan Anda, bahkan sebelum Anda benar-benar membutuhkannya. Contohnya supplier yang menawarkan produk khusus dan eksklusif dengan harga spesial, atau memberikan inovasi dalam melayani masalah atau kebutuhan Anda, seperti memberikan tawaran produk ban khusus begitu musim hujan datang untuk forklift outdoor, dan sebagainya.

Wajib Memberikan Garansi Spare Part

Faktor ini adalah salah satu alasan mengapa spare part asli yang adalah sebuah keharusan. Pasalnya, hanya spare part asli yang didatangkan langsung dari produsen aslinya lah yang benar-benar mampu memberikan kualitas terbaik. Meski demikian, bukan berarti spare part asli bebas dari masalah, lho! Karena itu, spare part original pasti selalu dilengkapi dengan garansi.

Garansi ini sebenarnya adalah salah satu bukti keyakinan produsen bahwa mereka hanya menyediakan produk yang berkualitas. Di samping itu, garansi juga adalah bentuk kejujuran produsen dalam membantu pembeli apabila memang benar ada masalah pada spare part yang dibeli, misalnya barang yang rusak atau cacat produksi. Dengan mengklaim garansi, Anda bisa menukarkan spare part yang bermasalah tersebut dengan produk yang baru tanpa harus keluar biaya untuk membeli spare part lagi.

Kemudahan Pemesanan Secara Terjadwal atau dalam Paket

Serupa dengan kendaraan pribadi Anda seperti mobil dan motor, forklift juga membutuhkan perawatan dan perbaikan secara teratur dan berkala. Nah, untuk kebutuhan perawatan teratur dan berkala ini, Anda pasti sudah tahu apa saja sparepart yang dibutuhkan, sehingga Anda juga bisa melakukan pemesanan secara terjadwal atau pemesanan beberapa spare part sekaligus dalam satu paket.

Dengan memilih supplier spareparts forklift yang bisa mengakomodasi kebutuhan yang satu ini, bukan tak mungkin Anda malah bisa mendapatkan spare part yang dibutuhkan sebelum hari perawatan dan perbaikan berkala dilakukan. Jadi, Anda tak perlu menunggu barang terlalu lama yang lagi-lagi bisa menghambat operasional bisnis, kan?