Maintenance Forklift Listrik

BErikut ini adalah beberapa tips pemeliharaan forklift elektrik / listrik. Sebagaimana kita ketahui, forklift merupakan alat yang paling efektif digunakan untuk mengangkat barang karena prosesnya mudah dan cepat sehingga tak heran banyak forklift menjadi andalan pabrik, pergudangan, perusahaan maupun yang lainnya sebagai pengangkut barang. Forklift atau biasa juga disebut sebagai truk garpu tersebut dibedakan menjadi 4 jenis berdasarkan bahan bakarnya. Ke-empat jenis tersebut antara lain berbahan bakar solar, bensin, gas, dan baterai. Forklift yang menggunakan baterai biasa juga disebut sebagai forklift elektrik. Forklift elektrik umumnya penggunaannya diprioritaskan di dalam ruangan, karena tidak mengeluarkan emisi gas buang dan polusi suara sehingga aman bagi kesehatan pekerja di dalam ruangan tersebut. Beberapa ada juga yang digunakan di luar ruangan. Perawatan setiap jenis forklift tersebut pastinya berbeda satu sama lain. Pada artikel ini kami akan membagikan tips pemeliharaan forklift elektrik agar kinerjanya maksimal.


1. Merawat Baterai

Segala perangkat yang membutuhkan listrik sebagai sumber dayanya umumnya menggunakan baterai. Baterai merupakan alat penyimpan sumber daya listrik tersebut. Pada forklift, baterai merupakan komponen yang sangat penting. Selain itu harga baterai forklift juga sangat lah mahal. Oleh karena itu sangat penting untuk merawat baterai tersebut agar tetap awet dan dapat terus digunakan. Perawatan baterai dapat dilakukan dengan cara melakukan pengisian baterai sesuai dengan prosedur yang dianjurkan, dan menjaga kebersihan baterai. Jangan pernah biarkan daya baterai habis total, karena hal tersebut akan mempengaruhi usia baterai. Pengisian daya baterai forklift paling cocok saat kapasitasnya tinggal 20%, dan usahakan mengisi baterai sampai penuh. Hal ini akan berdampak baik pada baterai. Selain itu rutin lakukan pembersihan pada baterai minimal seminggu sekali, agar tidak terjadi kerusakan pada baterai.

2. Melakukan Pengecekan Secara Berkala

Pada forklift elektrik terdapat komponen komponen penting yang perlu rutin diperhatikan agar kinerja forklift tetap optimal. Komponen tersebut seperti sasis dan body, steering system, brake system, hidrolik sistem, drive unit, dan sistem elektrik. Pada komponen chasis dan body perlu diperhatikan kekencangan baut, dan kekencangan rantai. Sedangkan pada komponen steering system perlu diperhatikan hal hal terkait power steering, axle, dan yang lainnya. Pada komponen brake system perlu dicek kondisi pedal rem, minyak rem, dan yang lainnya. Dan pada komponen sistem elektrik perlu diperiksa seluruh sambungan kabel, agar tidak terjadi korslet atau kendala kabel lainnya. Pengecekan setiap bulannya akan meminimalisir kerusakan pada forklift sekaligus juga memaksimalkan kinerjanya.

3. Merawat Controller

Controller merupakan salah satu komponen penting pada forklift dan harganya juga termasuk mahal. Oleh karena itu komponen tersebut juga perlu diberi perhatian khusus karena komponen yang mahal biasanya sulit diperoleh dan termasuk kompenen yang paling berharga pada forklift. Perawatan controller tergolong mudah, namun tak bisa disepelekan. Controller sangat berbahaya terkena air oleh karena itu jagalah controller agar tidak terkena air. Selalu hindarkan dari kemungkinan terkena air agar controller dapat tetap bekerja secara optimal. Seperti itu lah cara perawatan yang paling baik untuk controller.

4. Perhatikan Kapasitas Beban

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam perawatan forklift adalah pada kapasitas beban yang mampu diangkut forklift. Pahami berapa kapasitas beban yang mampu diangkut pada forklift tersebut sehingga kinerjanya tetap optimal. Jangan biarkan forklift elektrik mengangkut beban melebihi kapasitasnya karena hal tersebut akan berdampak buruk pada mesin. Dan jika terus dibiarkan dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada mesin. Beban yang berlebih membuat mesin forklift bekerja lebih keras, hal tersebut jelas berpengaruh pada usia mesin. Pastikan selalu forklift mengangkut beban yang sesuai dengan kapasitasnya agar kerja mesin tidak terlalu berat dan mesin forklift tetap awet dan tahan lama.

5. Perhatikan Area Penyimpanan

Hal lain yang tak kalah penting pada perawatan forklift adalah dalam hal penyimpanan forklift elektrik tersebut. Saat tidak digunakan simpanlah forklift pada area yang bebas dari air dan sinar matahari langsung. Forklift elektrik sebaiknya hanya digunakan di dalam ruangan saja agar terhindar dari hujan dan sinar matahari langsung. Air hujan berbahaya bagi komponen komponen forklift elektrik seperti baterai, controller, dan komponen lainnya. Demikian juga hal nya sinar matahari langsung. Oleh karena itu jagalah forklift elektrik agar terhindar dari kedua hal tersebut. Jika terjadi kerusakan pada forklift, anda dapat melakukan perbaikan forklift tersebut di PT MSJ Group Indonesia.

PT MSJ Group Indonesia merupakan supplier spare-part forklift, abrasive dan heating & cooling system. Segala hal yang berkaitan dengan forklift dapat ditangani di sana karena PT MSJ Group Indonesia merupakan spesialis forklift yang sangat ahli dan berpengalaman di bidangnya. Untuk info lebih lanjut anda dapat menghubungi kami.

Itulah beberapa tips pemeliharaan forklift elektrik yang dapat anda terapkan untuk forklift anda.